CARA MEMBUAT KAOS SABLON SENDIRI

CARA MEMBUAT KAOS SABLON SENDIRI

membuat kaos sablon

membuat kaos sablon

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat fleksible dan nyaman digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan kaos ini sangat cocok digunakan dalam acara santai maupun acara  semi formal. Kelebihan lain kaos ini sangat cocok untuk dipadu padankan dengan aneka jenis pakaian lain. Hal ini tentu membuat kaos menjadi pilihan favorit semua orang terutama anda. Pakaian kaos adalah jenis pakaian yang sangat simple dan gak ribet dibanding dengan jenis pakaian yang lain. Banyak sekali kita temukan berbagai macam model kaos yang beredar di pasaran. Namun model yang ada di pasaran tidak sesuai dengan selera dan keinginan anda. Sampai-sampai anda bosan untuk membeli kaos tersebut. Sekarang anda tidak usah bingung lagi untuk mewujudkan desain kaos anda, karena anda juga bisa membuat kaos sablon dengan buatan kamu sendiri. Bahkan caranya sangat mudah dan bisa dibilang gampang. Berikut adalah info erkait cara membuat kaos sablon diantaranya:

  1. Langkah pertama

yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat desain kaos  terlebih dahulu. Anda  bisa menggunakan Coreldraw  untuk mendesain  kaos sablon yang akan  anda buat. Jika anda kesulitan untuk mendesain anda bisa mengunduh desain yang akan anda buat  di dunia maya.

  1. Langkah kedua yaitu pembuatan film atau klise

Hasil desain olahan dari Coredraw  tadi, selanjutnya dicetak dengan menggunakan film atau bis juga dengan kertas kalkir dengn print BW yang berwarna hitam dan juga putih.

  1. Langkah ketiga adalah proses stensil atau afdruk

Dalam tahapan ini adalah proses pemindahan desain yang telah dicetak di film sablon ke screen dengan menggunakan cahaya ultraviolet. Screen tersebut terbuat dari kain dengan pori – pori halus seperti kain sutra. Bahan yang digunakan untuk stensil atau afduk adalah larutan emulsi dan sensitizer.

  1. Langkah keempat adalah sablon

Sablon yang bisa kita gunakan dalam membuat kaos sablon adalah sablon manual dan juga sblon digital. Untuk jenis sablon manual biasanya tinta sablon tersebut diaplikasikan sendiri pada kaos. Sedangkan untuk yang digital menggunakan  sejenis alat seperti printer kertas namun memiliki ukuran yang sangat besar dan telah terisi tinta sablon.

  1. Langkah kelima adalah mencetak atau pengaplikasian.

Tahap proses aplikasi dari desain ke bahan kaos yang telah dipotong sesuai dengan ukuran badan anda. Dalam tahap ini yang perlu anda perhatikan adalah tenik sapuan sablon menggunakan rakel. Rakel sendiri adalah sebuah alat untuk menyapu tinta sablon yang terbuat dari karet. Proses mencetak sablon itu sebenarnya sederhana, yaitu memindahkan tinta pada bahan kaos melalui screen, sehingga membutuhkan alat yang namanya rakel.

  1. Langkah ke enam proses drying atau pengeringan

Proses pengeringan ini sangat simple biasanya dikerikan dengan cara penjemuran  atau dengan bantuan kipas angin, blower, dan juga  dryer.

  1. Langkah ketujuh setelah sablon ini selesai anda bisa bawa bahan yang sudah dicetak atau sablon tersebut ke mesin jahit

Apakah anda sudah mencoba langkah demi langkah yang saya berikan untuk membuat kaos sablon yang sesuai dengan keinginan anda dan juga berkualitas.  Jika anda ragu serahkan pembuatan sablon anda kepada jasa konveksi kaos sablon yang berkualitas hanya di Amanah garment.  Untuk pemesanan anda bisa hubungi secara langsung pihak tim marketing Amanah garment kami melalui kontak telepon yang sudah tersedia pada situs website resmi kami.