ALAT DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN TUKANG SABLON BANDUNG

ALAT DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN TUKANG SABLON BANDUNG

tukang sablon bandung

tukang sablon bandung

Kaos mengalami perkembangan yang pesat mulai dari desain dan modelnya pun semakin unik dan variatif. Desain kaos yang dijajakan di pasaran ini memiliki desain yang kekinian serta up to date. Tentu hal ini sebagai faktor utama mengapa pakaian kaos ini sangat laris di pasaran. Selain nyaman digunakan kaos memang pakaian yang paling cocok untuk diaplikasikan dengan berbagai  desain baik desain yang mudah hingga desain yang rumit. Dunia desain sendiri tidak akan terlepas dari namanya tukang sablon, sudah banyak tukang sablon yang bermunculan terutama di kota bandung. Dengan perkembangan konveksi kaos di sana maka tukang sablon bandung juga ikut berkembang. Tukang sablon bandung sendiri sudah terkenal memiliki kualitas sablon yang paling bagus daripada di daerah lain. Tak heran bukan banyak sekali customer dari berbagai daerah mempercayakan pembuatan kaos sablon kepada mereka.

Sebagai orang awam dalam dunia desain pakaian kita juga harus tahu alat dan bahan yang digunakan oleh tukang sablon bandung ini. Banyak alat yang digunakan untuk menyablon, kali ini kami akan menjelaskan tentang alat dan bahan yang digunakan pada sablon kaos manual diantaranya:

  1. Screen

Screen atau yang dikenal dengan saringan sablon yang terbuat dari bahan kain gasa yang memiliki pori – pori. Kegunaan screen di sini berfungsi untuk menyaring tinta yang akan ditempelkan pada suatu media  kaos yang akan kita sablon. Semakin besar nomor screennya maka semakin rapat hasil tintanya, sehingga  semakin halus sablon kaos yang dihasilkan.  Di bawah ini adalah screen berdasarkan angka:

  • Screen 165T- 200S

Jenis screen halus yang memiliki pori – pori yang cukup rapat dengan hasil tinta yang sedikit karena tinta yang digunakan dalam jumlah yang sedikit. Screen 165T- 200S ini biasa  digunakan pada media mika dan juga plastic.

  • Screen 120T – 150T

Dengan tingkatan pori – pori yang sedang dan juga rapat. Hasil tinta yang sedang karena tinta yang digunakan dengan screen ini sedang  dan biasa diterapkan pada media kertas dan juga stiker.

  • Screen 48T – 90T

Type screeen ini memiliki tingkat pori-pori yang kasar dan besar dibandingkan dengan  model screen diatasnya. Mampu menyalurkan tinta dalam jumlah cukup banyak karena pori-porinya  pun besar. Jenis ini adalah screen yang banyak digunakan dalam pembuatan sablon, biasa digunakan pada bahan yang mudah sekali menyerap cat. Kain tekstil  sangat mudah menyerap cairan minyak dan juga  tinta seperti kaos, spanduk, topi, jaket dan bahan tekstil lainnya.

  1. Obat Afdruk

Salah satu yang perlu ada adalah obat afdruk digunakan untuk memindahkan desain kedalam screen yang akan nantinya menghasilkan sebuah gambar. Merek obat afdruk ini bermacam-macam diantaranya : Ulano TZ, Super Emulsion 5, Rainbow dan masih banyak lagi.

  1. Obat Penghapus

Obat penghapus ini digunakan sebagai penghapus gambar yang sudah ada pada  screen  atau menghapu desain gambar  afdruk yang ada pada screen agar suatu saat  screen dapat digunakan lagi.

  1. Pelapis Tinta

Diperlukan pelapis tinta agar hasil sablonan yang sudah disablon mampu bertahan lama dan tidak mudah luntur dan  juga rusak.

  1. Rakel

Rakel ini digunakan untuk memberikan tinta sablon pada screen dengan cara ditekan kemudian didorong biar tinta dari screen tersebut tersalurkan kedalam media kaos yang kita sablon.

  1. Meja Sablon

Adanya Meja sablon untuk memudahkan dalam proses penyablo. Posisi mejanya pun harus datar  karena meja sablon ini digunakan ketika penyinaran atau pemindahan desain gambar ke screen. Jika menggunakan pemindahan desain gambar dengan penyinaran cahaya dari lampu.

  1. Gelas

Gelas ini banyak kegunaanya karena bisa untuk mencampur tinta, dengan kata lain kaos digunakan sebagai tempat tinta hasil campuran tersebut. Sehingga gelas tinta ini sangat diperlukan.

  1. Kaca

Kaca berfungsi untuk menekan desain gambar yang telah kita buat sehingga membuat erat pada screen ketika kita melakukan proses afdruk. Hal ini penting ketika penyinaran dengan bantuan cahaya matahari atau penyinaran cahaya lampu.

  1. Hair Dryer dan Kipas Angin

Kedua benda ini berguna untuk mempercepat dalam proses sablon. Jika  menyablon lebih dari satu warna agar  proses sablon cepat selesai kita mengunakan hair dryer dan kipas angin untuk mengeringkan warna. Agar warna yang berikutnya bisa kita mulai dicetak dan hair dryer ini pun berguna ketika kita mengeringkan cairan Afdruk  tersebut.

  1. Desain kaos

Jika semua  bahan dan alat sudah disiapkan namun tidak ada desain gambar yang ingin di sablon tentu hal ini percuma. Maka sebelum anda menyablon lebih baik siapkan dulu desainanda.

  1. Catok

Untuk menjepit screen pada  meja screen supaya  tidak bergerak dan dapat  memudahkan kita dalam melakukan proses sablon. Selain itu  agar bingkai screen ini  tetap presisi ketika memasukan warna yang  berikutnya.

Semoga aetikel di atas dapat memberikan gambaran bagaimana proses penyablonan tersebut dengan mengetahui apa saja yang diperlukan dalam penyablonan tersebut. Bagi anda yang mencari tukang sablon bandung yang berkualitas dan murah, anda tidak perlu bingung lagi. Karena yang anda cari sudah tersedia lengkap di Amanah Garment. Amanah garment ini merupakan salah satu tukang sablon bandung yang berkualitas dan sudah di percaya oleh konsumen dari seluruh Indonesia. Kami siap menerima pemesanan mulai dari yang terkecil hingga besar. Kami memberikan jaminan return untuk prodruk kaos sablon kami yang luntur atau tidak sesuai dengan pesanan.

Tunggu apalagi segera lakukan pemesanan melalui kontak telepon yang sudah kami sediakan. Kami siap memberikan pelayanan terbaik dengan kinerja yang profesional dan prima. Kami menjamin anda mendapatkan kepuasaan dengan hasil yang maksimal. Bersama kami mewujudkan kaos idaman anda.